10 KAPAL YANG SEMAKIN POPULER SETELAH KARAM
Ada Banyak bangkai kapal yang belum ditemukan berserakan di kedalaman lautan di seluruh dunia, beberapa di antaranya berusia ribuan tahun.Bahkan beberapa bangkai kapal dikenal yang sangat mengesankan. Di website Wrecksite.eu berisi catatan lebih dari 148.000 bangkai kapal pada saat ini. Sejumlah besar bangkai kapal bahkan sangat terkenal dengan sejarah panjangnya dan itu dilindungi oleh UNESCO sebagai warisan budaya bawah air. Ditinggalkan dan tetap berdiri tenggelam atau membusuk di dekat pantai karena unsur-unsur alam. Beberapa dari mereka telah berubah menjadi tempat wisata karena banyak kesempatan fotografi di tawarkan.
Kapal karam terbaru yang banyak memperoleh perhatian media dan dunia adalah Costa Concordia yang kandas di perairan dekat Isola del Giglio, di pantai barat Italia, pada Januari 2012. Kapal terbalik menarik ribuan turis ingin mengunjunginya. Operasi penyelamatan dimulai pada pertengahan 2013 , dan tidak lama kemudian sebelum kapal itu ditarik keluar dari Teluk.
Dan inilah beberapa kapal karam yang masih populer hngga kini:
1. WORLD DISCOVERER
MS World Discovere adalah sebuah kapal pesiar yang dibangun pada tahun 1974, yang berkala membuat jadwal pelayaran ke daerah kutub Antartika bagi penumpangnya untuk mengamati gerakan gumpalan es yg terapung. Kapal yang memiliki konstruksi lambung ganda yang bisa memberikan perlindungan bagi dampak negatif tang tak diinginkan. Tapi ketika sebuah batu karang yang merobek lambung pada tanggal 30 April 2000, adalah sebuah batu karang besar yang belum dipetakan di Kepulauan Solomon. Setelah penumpang di amankan melalui kapal feri, kapten mengarahkan kapal ke Roderick Bay dan kandas untuk menghindari kapal tenggelam.Pada saat perusahaan berupaya mengadakan penyelamatan, kapal di jarah oleh penduduk setempat. kini world dicoverer masih duduk terdiam di Roderick Bay di Nggela Island.
Before
AFTER
2. MEDITERANIAN SKY
Mediterania Sky awalnya ketika ia dibangun pada tahun 1952 di Newcastle, Inggris bernama City of York. Pada bulan November 1953 kapal pesiar mulai berlayar dari London , dan rutin melakukan layanan sampai dijual pada tahun 1971, ketika ia menjadi Mediterania Sky. Pelayaran terakhirnya adalah pada bulan Agustus 1996, ketika ia berlayar dari Brindisi ke Patras.
Karena situasi keuangan perusahaan yang tidak menguntungkan, pada tahun 1997 Mediterania Sky di istirahatkan sementara di Patras. Dua tahun kemudian dia ditarik ke Teluk Eleusus di Yunani, di mana ia berdiri dan ditinggalkan. Pada akhir tahun 2002,air mulai menggenangi kapal dan mulai miring. Untuk menghindari kapal tenggelam, kapal ditarik ke perairan dangkal. Pada bulan Januari 2003, Mediterania Sky terbaring dingin di mana dia tetap menunggu nasibnya
BEFORE
AFTER
3. MV CAPTAYANIS
Captayannis adalah kapal orang Yunani pembawa gula yang tenggelam di Sungai Clyde di Skotlandia pada tahun 1974 setelah bertabrakan dengan kapal tanker ketika badai parah melanda pantai barat. Tanker tidak mengalami kerusakan, tetapi rantai jangkar nya merobek Captayannis yang memungkinkan air untuk membanjiri kapal. kapten Captayannis yang mencoba membawa ke perairan dangkal dan mengarahkan ke tempat yang diinginkan di mana ia terjebak dengan cepat. Kapal terguling keesokan paginya, dan berbaring selamanya di sana. Kebanyakan, semua logam yang berharga dan alat kelengkapan telah di ambil oleh para penjarah, meninggalkan sedikit dari struktur kapal.
Meskipun bangkai kapal terletak di perairan yang relatif dangkal tapi tidak pernah ada upaya apapun untuk menyelamatkan sisa-sisa bangkai, isu seperti kepemilikan dan asuransi tidak pernah ada penyelesaian yang memuaskan. Dengan berjalannya waktu Captayannis telah menjadi rumah bagi kehidupan laut dan burung. Dia dikenal banyak penduduk setempat sebagai " PERAHU GULA".
BEFORE
AFTER
4. SS AMERICA
SS America adalah sebuah kapal pesiar yang dibangun pada tahun 1940. Setelah karir yang panjang lebih dari lima puluh tahun, kapal ini dijual pada tahun 1993 dengan tujuan untuk menjadi sebuah kapal berkelas hotel bintang lima di Phuket, Thailand. Saat itu berganti nama menjadi "American Star", meskipun dia tidak pernah berlayar dengan nama barunya. Kapal ditarik dari Yunani menuju Atlantik untuk difungsikan, namun seratus hari kemudian kapal bersama-sama dengan kapal tugboat Ukraina terkena badai. Tali penarik kapal rusak dan semua upaya untuk memasang tali penarik(tow line) darurat tidak berhasil. Awak kapal American Star diselamatkan oleh helikopter. Pada tanggal 18 Januari, kapal kandas di lepas pantai barat Fuerteventura di Kepulauan Canary.
Dalam 48 jam pertama dasar landasan kapal mulai pecah oleh gelombang atlantik. Bagian buritannya runtuh sepenuhnya dan tenggelam pada tahun 1996. Pada bulan November 2005, sisi bagian busur runtuh dan lambung mulai putus. Pada tahun 2007 seluruh kapal telah runtuh dan jatuh ke laut. Sejak saat itu, apa yang sedikit tetap telah perlahan-lahan menghilang di bawah gelombang. Pada Maret 2013, sisa-sia bangkai kapal hanya terlihat saat air surut.
AFTER
5. DIMITRIOS
Dimitrios (sebelumnya bernama "Klintholm"), adalah kapal kargo kecil yang hanya berukuran 67 meter dibangun pada tahun 1950, yang telah terdampar di pantai Valtaki di prefektur dari Laconia di Yunani, sejak tanggal 23 Desember 1981.
Ada banyak rumor tentang asal kapal dan bagaimana ia bisa terdampar di pantai. Kebanyakan rumor mengatakan bahwa kapal itu digunakan untuk menyelundupkan rokok antara Turki dan Italia. Disita oleh otoritas pelabuhan Gythio dan kemudian sengaja dilepaskan dari pelabuhan dan terseret oleh laut ke pantai Valtaki, sekitar 5 kilometer dari pelabuhan Gythio. Ini kemudian dibakar untuk menyembunyikan bukti penyelundupan rokok.
Namun, menurut sebuah buku yang ditulis oleh Ketua Kehormatan Hellenic Coast Guard, Vice Admiral Christos Ntounis kapal harus berlabuh ke pelabuhan Gythio pada tanggal 4 Desember 1980 karena kapten kapal membutuhkan akses ke rumah sakit karena penyakit serius . Setelah docking kapal, masalah keuangan muncul dengan kru serta berbagai masalah mesin, ditambah dengan langkah-langkah asuransi yang dikenakan oleh berbagai pemberi pinjaman. Para kru kemudian dipecat dan kapal itu merapat ke sisi pelabuhan Gythio, di mana ia berdiri sampai dengan Juni 1981 ketika ia dinyatakan tidak aman.
Kapal itu lepas dari posisi dan hanyut ke laut berkali-kali sebelum terdampar di lokasi saat ini di pantai Valtaki. Kapal tetap ditinggalkan dan belum ada upaya untuk memperbaikinya
BEFORE
AFTER
6. OLYMPIA
Olympia adalah kapal motor komersial yang mendarat dekat kota Katapola, di pulau Amorgos di Yunani, tampaknya di sebabkan oleh bajak laut, pada tahun 1979, perjalanan dari Siprus dan menuju Yunani. Setelah berbagai usaha yang gagal untuk menarik kapal dari Teluk, kapalpun ditinggalkan di sana dan menjadi salah satu landmark Amargos Island yang paling populer.
BEFORE
Tidak Ditemukan
AFTER
7. EDUARD BOHLEN
Mungkin ini adalah kapal karam yang paling menarik, dilihat dari posisi saat ini, adalah Eduard Bohlen, sebuah kapal kargo 2.272 ton yang rusak di lepas pantai Skeleton Coast di Namibia pada bulan September 1909. Kapal itu pada perjalanan dari Swakopmund, Namibia ke Table Bay , Afrika Selatan dan tebal kabut menyebabkannya Karam. Yang menarik adalah bahwa setelah lebih dari 100 tahun, kapal karam saat ini terletak seperempat mil (hampir 500 meter) dari garis pantai dan sebagian tertutup oleh pasir.
8. LA FAMILIE EXPRESS
La Famille ekspres karam dan membusuk di lepas perairan selatan Provo di Kepulauan Turks dan Caicos, di Laut Karibia.Kapal ini dibangun pada tahun 1952 di Polandia dan sebagian besar dari hidupnya berlayar untuk Angkatan Laut Soviet sebagai "Fort Shevchenko", sampai 1999 ketika kapal dijual dan berganti nama menjadi "La Famille Express". Keadaan kecelakaan tidak diketahui secara jelas, kecuali bahwa itu kandas selama badai Frances pada tahun 2004. Tidak ada yang bisa diselamatkan kapal sejauh ini dan banyak bagian hilang karena penjarahan. Saat ini, kapal adalah sebagai landmark tarik wisatawan yang datang ke daerah ini.
BEFORE
AFTER
9. EVANGELIA
Evangelia adalah kapal dagang, dibangun oleh galangan kapal yang sama yang membangun kapal legendaris Titanic, dan diluncurkan pada 28 Mei 1942 dengan nama "Empire Strength". Kemudian ia dikenal sebagai "Saxon Star", "Redbrook" dan akhirnya "Evangelia".
Pada tahun 1968, selama malam kabut tebal, Evangelia berlayar sangat dekat dengan garis pantai dan kandas di dekat garis pantai dekat Costinesti. Beberapa orang mengatakan bahwa Evangelia sengaja dirusak oleh pemilik untuk klaim uang asuransi. Hipotesis ini didukung oleh fakta bahwa selama masa bencana ini, meskipun kabut sudah sangat tebal, laut sangat tenang dan juga hampir semua peralatan pelayaran bekerja dengan sempurna
BEFORE
AFTER
10. HMS DEFENDER
HMAS Protector adalah kapal perang yang dibeli oleh pemerintah Australia Selatan pada tahun 1884, dengan tujuan untuk mempertahankan garis pantainya terhadap serangan pasca ancaman dari rusia dari 1870-an . Tiba di Adelaide pada bulan September 1884 dan kemudian bertugas di Pemberontakan Boxer, Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Selama Juli 1943, Protector yang dipesan untuk perang oleh Angkatan Darat AS. Dalam perjalanan ke New Guinea dan off Gladstone, ia rusak dalam insiden tabrakan dengan kapal tugboat dan ditinggalkan. Kemudian dibawa ke Heron Island di lepas pantai Queensland dan kemudian sengaja ditenggelamkan untuk digunakan sebagai pemecah gelombang. meski telah berkarat kapal masih terlihat sampai hari ini.
AFTER
Comments
Post a Comment